Oleh: oktavia17 | Juli 14, 2012

Fraser Island

Pulau Fraser

Pulau Fraser merupakan pulau pasir terbesar di dunia, dengan panjang mencapai 120 kilometer, lebarnya sampai 25 kilometer, dan luasnya 160.000 hektar. Pulau ini berasal dari rangkaian pegunungan yang membentang di sepanjang pesisir timur Australia. Meskipun berupa pasir, ternyata di Pulau Fraser dapat ditemukan mata air dan hutan hujan yang tumbuh dengan subur. Selain itu, persediaan air di sana juga melimpah.

Lokasi Pulau Fraser

Pulau Fraser dilihat dengan satelit

Pulau Fraser merupakan pulau yang tandus, karena hanya berupa pasir. Meskipun begitu, di Pulau Fraser dapat ditemukan 40 danau air tawar yang terbentuk di dalam rongga bukit – bukit pasir di pulau itu, sehingga airnya melimpah. Beberapa danau di Pulau Fraser merupakan danau terbersih di dunia. Melimpahnya air membuat Pulau Fraser dipenuhi hutan hujan dengan berbagai jenis pohon yang tumbuh di dalamnya, seperti pohon blackbutt (sejenis kayu putih), pohon kauri (sejenis damar), dan pohon tallowwood. Selain itu, juga terdapat pohon satinay dan pohon tarbantin yang digunakan untuk membuat dinding tanggul Terusan Suez.

Lake McKenzie, salah satu tempat yang populer di Pulau Fraser

Proses Pembentukan

Berdasarkan bukti yang ada, berton-ton pasir yang membentuk Pulau Fraser berasal dari Deretan Pembagi Besar (Great Dividing Range), yaitu rangkaian pegunungan yang membentang di sepanjang pesisir timur Australia. Seraya waktu berlalu, hujan lebat mengikis pegunungan ini dan membawa pecahan-pecahan batunya ke sungai, lalu ke laut. Arus samudra mengocok pecahan-pecahan batu itu sehingga menjadi pasir halus yang sedikit demi sedikit terbawa ke utara melewati dasar laut. Karena tertahan oleh bagian-bagian daratan yang menjorok ke laut dan oleh bukit-bukit karang di dasar samudra, butir-butir pasir itu menumpuk, dan lahirlah Pulau Fraser.

Sejak itu, Samudra Pasifik terus menimbunkan pasir baru di sepanjang pantai. Angin menerbangkan pasir itu ke daratan sehingga terbentuklah bukit-bukit pasir. Selanjutnya, bukit-bukit pasir itu bergerak perlahan dengan kecepatan satu meter per tahun, menyelimuti apa saja yang ia lewati.

Teewah Coloured Sands

Pulau Fraser merupakan tempat pariwisata yang unik, bahkan belakangan ini mampu menyedot 300.000 wisatawan. Pulau Fraser juga dimanfaatkan sebagai suaka bagi satwa liar. Salah satu penghuninya yang paling terkenal adalah dingo ( anjing liar Australia ). Juga terdapat berbagai jenis burung, di antaranya elang bondol, elang laut perut putih, burung raja udang hutan biru metalik, dan cerek monggol. Selain itu, perairan di sekitar Pulau Fraser merupakan tempat hidup bagi paus bungkuk yang yang sedang dalam perjalanan dari Kutub Selatan yang berselimut es menuju Karang Penghalang Besar, tempat mereka melahirkan dan kawin.

Dingo di Pulau Fraser

Paus bungkuk di Pulau Fraser

The Wreck of the S.S. Maheno…ikonnya Pulau Fraser

 

 

Sumber : http://en.wikipedia.org/wiki/Fraser_Island


Tinggalkan komentar

Kategori