Oleh: oktavia17 | Juli 14, 2012

Berjalan Kaki

Banyak sekali orang yang malas berjalan kaki. Padahal, menurut para ahli yang hadir di pertemuan tahunan ke-55 the American College of Sport Medicine ( ACSM ), berjalan menawarkan kombinasi terbaik dalam kemudahan dan dapat dilakukan di setiap aktivitas olahraga. Presentasi menekankan bahwa berjalan merupakan salah satu cara terbaik untuk mencapai jumlah aktivitas fisik harian yang direkomendasikan ( dechacare.com:2011 ).

Ada berbagai bentuk latihan yang dapat meningkatkan kesehatan dan kebugaran, seperti berlari, bersepeda, atau berenang. Tapi, dari sudut pandang program latihan terbaik bagi kebanyakan orang, berjalan merupakan yang terbaik. Berjalan tak memerlukan banyak biaya. Cukup memakai sepatu atau bisa juga dengan sandal. Tapi sebisa mungkin hindari bertelanjang kaki.

Apa saja manfaat yang kita peroleh dari berjalan kaki?

Saat bergerak ( berjalan ), otot kaki mengalami kontraksi dan relaksasi. Saat berkontraksi, otot menjadi tebal ( dan pendek ) dan menekan pembuluh vena yang ada di dekatnya. Tekanan otot menyebabkan katup – katup di dalam vena akan membuka dan aliran darah akan menjadi lancar. Dengan berolahraga ( berjalan kaki ), aliran darah menuju jantung menjadi lebih cepat dan lancar serta memperkecil kesempatan mengendapnya kotoran. Selain membantu vena, masih banyak lagi manfaat berjalan kaki, di antaranya mencegah : serangan jantung, stroke, kencing manis, osteoporosis, depresi, kanker, dan masih banyak lagi. Selain itu, berjalan kaki juga dapat menurunkan berat badan. Tentu saja hal ini tak dapat diperoleh secara instan, melainkan harus dengan latihan yang rutin, paling tidak 5x seminggu dalam waktu 30 menit/harinya. Hasil akan lebih baik jika latihan secara bertahap dari ringan ke berat, serta diawali pemanasan, latihan inti, lalu pendinginan.

Beberapa manfaat berjalan kaki

Nah, siapa yang sekarang masih malas berolahraga walau hanya berjalan kaki? Hmmm, malas berolahraga berarti tidak mensyukuri karunia Tuhan atas tubuh yang sempurna dan sehat ini. Maka, mari menjaganya bersama – sama! Salam olahraga! JAYA!!! (-Cloudz)

 

 

Sumber : majalah Galaksi “EKAMAS”


Tinggalkan komentar

Kategori